PENGEMBANGAN MODEL-MODEL SUPERVISI PENDIDIKAN BERBASIS AL QUR’AN

Penulis

  • Hariyanto UMJ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i3.265

Kata Kunci:

model, supervisi\pendidikan, Al Qur'an

Abstrak

Abstrak

Supervisi adalah salah satu bagian penting dalam rangka evaluasi kerja suatu lembaga atau organisasi. Dengan adanya pengawasan akan tergambar sejauh mana efektivitas suatu kegiatan telah dicapai. Dengan demikian akan mengukur kinerja dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Lembaga pendidikan sebagai suatu lembaga yang dikelola secara sistematis sangat diharapkan agar melakukan pengawasan secara berkala yang tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana kegiatan yang telah dilaksanakan berhasil ataupun belum. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang kian pesat, maka dalam melakukan supervisi lembaga pendidikan belajar untuk melakukan pendekatan-pendekatan baru dan model yang menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, tulisan ini memaparkan bagaimana sejatinya supervisi pembelajaran berdasarkan Al Qur’an. Untuk memahami demikian, maka analisis tafsir dan metode pendidikan digunakan untuk, menguraikan persoalan tersebut.

Abstract

Supervision is an important part of evaluating the work of an institution or organization. With supervision, it will be illustrated to what extent the effectiveness of an activity has been achieved. Thus it will measure performance in order to improve or improve to achieve maximum results. Educational institutions as an institution that is managed systematically are expected to carry out periodic supervision whose purpose is to measure the extent to which the activities carried out have been successful or not. Along with the rapid development of technology and information, it is in supervising educational institutions to learn to carry out new approaches and models that adapt to the times. Thus, this paper describes how true learning supervision is based on the Qur'an. To understand this, an analysis of interpretation and educational methods is used to describe the problem.

Referensi

Abd. Rahman. 2021. Supervisi dan pengawasan dalam pendidikan. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Vol 12, no. 2, h. 56.

Burhanuddin. 1996. Analisis Administrasi Manajemen Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2005. Al Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT. Syamil Cipta Media.

Ilham, Moch Wahid. 2017. “Supervisi Pendidikan Dalam Perspektif Epistimologi Islam,” Pedagogik, Volume 4, nomor 1.

Imron, Ali. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Maryono. 2011. Dasar-dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Masaong, Abd. Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Miftahurrohmah, Ifa. 2020. “Konsep Dasar Supervisi Dalam Perspektif Pendidikan Islam,” UAS Volume 9, nomor 12.

Mufidah, Luluk Nur. 2009. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Mustofa, Jasmani dan Syaiful. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Prasojo , Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Jogjakarta: Gava Media.

Rohmatika, Ratu Vina. 2018. Model Supervisi Klinis Terpadu Untuk Peningkatan Kerja Guru. Jogjakarta: Idea Press Yogyakarta.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sastradiharja, E Junaedi. 2017. “Supervisi Pembelajaran Berbasis Al Qur’an,” Mumtaz, Volume 1, nomor 2.

Sastradiharja, Edy Junaedy. 2019. Supervisi Pendidikan Tuntutan Profesional dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Depok: Khalifah Mediatama.

Siswanto. 2005. Pengantar Manajemen. Bandung: Bumi Aksara.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.

Suradika, Agus. 2019. Pendidikan Keluarga dan Keluarga Berpendidikan: perspektif Islam, Jakarta: Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-15

Cara Mengutip

Hariyanto. (2023). PENGEMBANGAN MODEL-MODEL SUPERVISI PENDIDIKAN BERBASIS AL QUR’AN. Perspektif, 2(3). https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i3.265

Terbitan

Bagian

Artikel berbasis gagasan/pemikiran (non penelitian)

Kategori