ANALISIS STUDI KASUS KLIEN DENGAN GANGGUAN KECEMASAN (ANXIETY DISORDER)

Penulis

  • Fenty Febriyana Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i2.281

Kata Kunci:

gangguan kecemasan, kondisi, faktor, anxiety disorder, condition, factor

Abstrak

Abstrak

Intervensi ini bertujuan untuk memberikan hasil analisis klien yang memiliki diagnosis gangguan kecemasan (anxiety disorder). Intervensi ini diperoleh melalui metode kualitatif. Peneliti berusaha menggambarkan keadaan yang sesungguhnya mengenai bagaimana kondisi klien dengan gangguan kecemasan (anxiety disorder). Informasi dan data diperoleh dengan cara mengumpulkan data dan informasi di lapangan dengan melakukan wawancara kepada klien serta melakukan observasi guna mengamati peristiwa yang terjadi serta melakukan dokumentasi. Dalam kaitannya dengan gangguan kecemasan, tentunya yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana yang dirasakan klien, faktor apa yang mempengaruhi klien dari gangguan kecemasan tersebut. Kondisi ini memerlukan perawatan dan layanan kesehatan atau seorang ahli. Seperti psikolog, psikiater, dan pekerja sosial. Karena, akan sangat tepat mengatasi gangguan kesehatan mental seseorang

Abstract

This intervention aims to provide the results of the analysis of clients who have a diagnosis of anxiety disorder. This intervention was obtained through a qualitative method. Researchers are trying to describe the real state of affairs in terms of a client with anxiety disorder. Information and data are obtained by collecting data and information in the field by conducting interviews with clients and making observations to observe events that occur and do documentation. In relation to anxiety disorders, of course, what must be a concern is how the client feels, what factors influence the client from the anxiety disorder. This condition requires treatment and health services or an expert. Such as psychologists, psychiatrists, and social workers. Because, it will be very appropriate to overcome someone's mental health disorder.

Keywords: anxiety disorder, condition, and factor.

 

Abstrak. Intervensi ini bertujuan untuk memberikan hasil analisis klien yang memiliki diagnosis gangguan kecemasan (anxiety disorder). Intervensi ini diperoleh melalui metode kualitatif. Peneliti berusaha menggambarkan keadaan yang sesungguhnya mengenai bagaimana kondisi klien dengan gangguan kecemasan (anxiety disorder). Informasi dan data  diperoleh dengan cara mengumpulkan data dan informasi dilapangan dengan melakukan wawancara kepada klien serta melakukan observasi guna mengamati peristiwa yang terjadi serta melakukan dokumentasi. Dalam kaitannya dengan gangguan kecemasan, tentunya yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana yang dirasakan klien, faktor apa yang mempengaruhi klien dari gangguan kecemasan tersebut. Kondisi ini memerlukan perawatan dan layanan kesehatan atau seorah ahli. Seperti psikolog, psikiater, dan pekerja sosial. Karena, akan sangat tepat mengatasi gangguan kesehatan mental seseorang.

Kata kunci: gangguan kecemasan, kondisi, dan faktor.

Referensi

Annisa, D.F, Ifdil. (2016). ȃKonsep Kecemasan(Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia) , Jurnal Konselor, 5(2).

Fajarullah., Murinto. (2019). ȃSistem Pakar Deteksi Dini Gangguan Kecemasan (Anxiety) Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web , Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 7(1).

Pakpahan, N. (2017). ȃKomunikasi Terapeutik Dalam Hipnoterapi Pasien Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder) Di Glow Mind Klinik Hipnoterapi Pekanbaru , Jurnal JOM FISIP, 4 (2).

Rohmansyah, N.A. (2017). ȃPengertian Tentang Teori Kecemasan , Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1). Salma, J.K., Rendy, P.B., & Adya, M.P. (2021). ȃPerancangan Komik Digital tentang Anxiety Disorder untuk meningkatkan Awareness , Jurnal e-Proceeding of Art & Design, 8 (6), 2840-2857.

Suradika, A. (2019). Pendidikan Keluarga dan Keluarga Berpendidikan: Perspektif Islam. Jakarta: Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN.

Swarjana, I.K. 2022. Konsep Pengetahuan, Sikap, Prilaku, Presepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan. Yogyakarta: ANDI

Wicaksono, A.B. (2013). ȃMengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Prosiding.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-28

Cara Mengutip

Febriyana, F. . (2022). ANALISIS STUDI KASUS KLIEN DENGAN GANGGUAN KECEMASAN (ANXIETY DISORDER). Perspektif, 2(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i2.281

Terbitan

Bagian

Artikel berbasis penelitian