Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-08-19. Baca versi terbaru.

RANCANGAN PEMBELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL (SIMKOMDIG) KELAS X SMK GUNA JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, RIAU

Penulis

  • Abdurrahman Saleh Magister Teknologi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i1.3

Kata Kunci:

Desain pembelajaran, bahan pembelajaran, panduan evaluasi

Abstrak

Rancangan pembelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas sepuluh di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Guna Jaya Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, disusun berdasarkan model pembelajaran Dick dan Carey. Terdiri dari sepuluh tahapan perancangan, yaitu (1) melakukan identifikasi tujuan pembelajaran; (2) melakukan analisis intruksional; (3) menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran; (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus; (5) mengembangkan instrumen penilaian; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif; (9) melakukan revisi terhadap program pembelajaran; (10) merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif. Hasil rancangan berupa (a) panduan pembelajaran (b) rencana pembelajaran (c) penilaian, dan (d) evaluasi pembelajaran dalam bentuk kompilasi dari bab-bab dan Kompetensi Dasar (KD) dalam buku Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK.

Referensi

Aay Hidayah. (2012). Research and Development (RnD) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Jurnal Akademik. Vol. 37 (No. 1). https://www.academia.edu/download/38758800/13-21-1-SM.pdf

Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Crismawati. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Simulasi Digital Kelas X TKJ di SMKN 5. Jurnal Media TIK. Vol. 4 (No. 2). https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/article/download/21364/11126.

Dick, Walter and Carey, Lou. (2009). The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.

Hariyanto, Bambang. (2007). Esensi-esensi bahasa pemrograman Java. Informatika. Bandung.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suradika, A., Winata, W., Wicaksono, D., Hadi, M. S., & Rifqiyati. (2020). The Influence of Instructional Materials and Educational Background on the Learning Outcomes of Islamic Education. Solid State Technology, 63(6), 1027–1043. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/2185

Wisnu. (2016). Model Pembelajaran Dick dan Carey dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra. Vol. 1 (No. 2). http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/viewFile/3631/2307

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-13 — Diperbaharui pada 2021-08-19

Versi

Cara Mengutip

Saleh, A. (2021). RANCANGAN PEMBELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL (SIMKOMDIG) KELAS X SMK GUNA JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR, RIAU. Perspektif, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i1.3 (Original work published 13 Agustus 2021)

Terbitan

Bagian

Artikel berbasis penelitian

Kategori