ANAK YANG BEKERJA DI BAWAH UMUR

STUDI KASUS SEORANG ANAK YANG BEKERJA SEBAGAI PENGARAK ATAU PENGAMEN ONDEL-ONDEL

Penulis

  • Muhammad Fityan El Kahfi Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i2.313

Kata Kunci:

Kesejahteraan Anak, Ondel-Ondel, Keberfungsian Sosial, Intervensi Pekerja Sosial

Abstrak

Abstrak

Artikel ini membahas tentang studi kasus seseorang anak yang bekerja sebagai pengarak/pengamen ondel-ondel. Tujuan ditulisnya artikel ini untuk mengetahui latar belakang dan juga dampak dari bekerjanya anak di bawah umur sebagai pengarak/pengamen ondel-ondel. Dalam hal ini, penulis menggunakan metode intervensi pekerja sosial dalam menganalisis masalah klien. Dengan menganalisis keberfungsian sosialnya dan juga menganalisis masalah dengan menggunakan metode Cognotive-behavioral theory dan teori sistem ekologi. Di artikel ini juga terdapat gagasan rencana program dan juga peran pekerja sosial dalam menangani kasus serupa.

Abstract

This article discusses a case study of a child who worked as an ondel-ondel parade. The purpose of writing this article is to find out the background and also the impact of the work of minors as ondel-ondel buskers. In this case, the authors use the social worker intervention method in analyzing client problems. By analyzing its social functioning and also analyzing problems using the Cognotive-behavioral theory method and ecological systems theory. This article also contains program plan ideas and the role of social workers in dealing with similar cases.

Referensi

Adi, I. R. (2015). Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat.

Adi, I. R. (2018). Kesejahteraan Sosial: Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan. Edisi Kedua.

Cepi Yusrun, A. (2015). Praktik Pekerjaan Sosial Generalis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fahrudin, A. (2012). Pengantar kesejahteraan sosial. PT Refika Aditama.

Iskandar, D. (2015). Studi fenomenologi motif anggota Satuan Resimen Mahasiswa 804 Universitas Negeri Surabaya. Paradigma, 3(1).

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).

Nindito, S. (2013). Fenomenologi Alfred Schutz: studi tentang konstruksi makna dan realitas dalam ilmu sosial.

Paramita, S. (2018). Pergeseran Makna Budaya Ondel-Ondel Pada Masyarakat Betawi Modern. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1).

Payne, M. (2020). Modern social work theory. Bloomsbury Publishing.

Suradika, Agus. (2006). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Remaja Menggunakan Narkotika, Psikotrapika dan Zat Aditif Serta Penanggulangannya. Jurnal Penelitian Universitas Muhammadiyah Jakarta. 12 (3), 27-34

Suradika, Agus. (2019). Pendidikan Keluarga dan Keluarga Berpendidikan: perspektif Islam, Jakarta: Direktorat Advokasi dan KIE BKKBN.

Suriyadarma, S. N. A. (2018). MENGENAL KEBUDAYAAN ONDEL-ONDEL BETAWI DI TAMAN MINI INDONESIA INDAH JAKARTA.

UU No 4 Tahun 1979 Tentang Kesejahteraan Anak.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-27

Cara Mengutip

Fityan El Kahfi, M. (2023). ANAK YANG BEKERJA DI BAWAH UMUR: STUDI KASUS SEORANG ANAK YANG BEKERJA SEBAGAI PENGARAK ATAU PENGAMEN ONDEL-ONDEL. Perspektif, 2(2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v2i2.313

Terbitan

Bagian

Artikel berbasis gagasan/pemikiran (non penelitian)

Kategori