PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP STRES KERJA DAN MOTIVASI KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA

STUDI PADA RSUP “P” JAKARTA

Penulis

  • Ferry Budiman Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i1.56

Kata Kunci:

Kepemimpinan Transaksional, Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Kepemimpinan Transaksional terhadap Stres Kerja dan Motivasi Kerja serta dampaknya pada Kinerja. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil melalui kuesioner sebagai sumber uta-ma penelitian. Kuesioner dibagikan kepada seluruh kepala dan wakil kepala bidang yang bekerja di RSUP “P” Jakarta. Jumlah Populasi diambil secara menyeluruh untuk dijadikan sampel, dengan jumlah responden sebanyak 78 orang. Metode analisis dan uji hipotesis yang menggunakan analisis jalur PLS (Partial Least Square), kemudian perhitungannya menggunakan program Smart PLS, sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus atau sampling jenuh. Hasil pen-gujian hipotesis menunjukan bahwa dari 7 hipotesis, lima di an-taranya diterima dan dua hipotesis ditolak, yaitu: (a) kepem-impiman transaksional berpengaruh positif dan signifikan ter-hadap Stres Kerja, (b) kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Kerja, (c) kepemimpi-nan transaksional berpengaruh positif tetapi tidak signifikan ter-hadap Kinerja, (d) stres Kerja berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Kinerja, (e) motivasi kerja berpengaruh posi-tif dan signifikan terhadap Kinerja, (f) Ada pengaruh tidak langsung kepemimpinan transaksional terhadap kinerja melalui Stres Kerja, dan (g) Ada pengaruh tidak langsung kepemimpinan transaksional terhadap kinerja melalui Motivasi Kerja.

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rinneka Cipta.

Ari Sintya Dewi & I Made Artha Wibawa. 2016. “Pengaruh Stres Kerja Dan Moti-vasi Kerja Terhadap Kinerja karyawan pada PT Bank BPD Bali Cabang UBUD”. (Jurnal Mana-jemen Universitas Udayana Vol 5).

Badriyah, Mila. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Baqiyatul, Auladi. 2016. Islam dan Stres Kerja. Diakses pada Februari 2020 dari http://studiislamkomprehensif.blogspot.com/2016/02/islam-dan-stress-kerja- baqiyatul.html.

Brigita Ria Tumilaar. 2015. Pengaruh Disiplin, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi Utara. (Jurnal EMBA Vol 3)

Chreswell, John W. 2016. Reasearch Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campu-ran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chandra Yoga Aditama. 2003. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: Penerbit Univer-sitas Indonesia (UI- Press).

Dhini Rama Dhania. 2010. Pengaruh Stres Kerja, Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja (Studi Pada Medical Representatif di Kota Kudus. (Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus).

Fitria Nirmala dan Nailul Fauziah. 2016. “Persepsi Kepemimpinan Transaksional dan Transforma-sional Terhadap Stres Kerja pada Driver PT Multi Binatransport”. (Jurnal Empati Fakultas Psikologi UNDIP).

Ghozali, Imam dan Herry Latan. 2015. “Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T H. 2013. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE- IKAPI

Hardianti Dini Naradhipa dan Misbahuddin Azzuhri. 2015. “Pengaruh Stres kerja terhadap motovasi kerja dan dampaknya terhadap kinerja karyawan (Studi pada Pengemudi di PT Citra Perdana Kendedes”). (Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya).

Hasibuan, Malayu S.P. 2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Inaray, Jolita Caroline, Olivia S. Nelwan, dan Victor P.K. Lengkong. 2016. “Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Amanah Finance di Manado”. (Jurnal Berkala Ilmiah Referensi, Vol.16). Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id

Leny Maryesa, Anggraini Sukmawati dan Hari Wijayanto. 2016. Analisis Peran Remunerasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kompetensi Pegawai Guna Meningkatkan Kinerja Pegawai di Lem-baga Penerbangan dan Antariksa Nasional. (Jurnal Manajemen IKM Vol 11. September 2016) DOI: https://doi.org/10.29244/mikm.11.2.159-172

Maulizar, Said Musnadi, Mukhlis Yunus. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Trans-formasional terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Cabang Banda. (Jurnal Mana-jemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala).

Nur Septi A, Hamidah Nayati U, dan Arik Prasetya. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. (Jurnal Administrasi Bisnis Vol 35 Universitas Brawijaya).

Openulis.com. Motivasi Kerja, Tawakal dan Ikhtiar. di akses pada Februari 2020 dari https://www.openulis.com/moti vasi-kerja-tawakal-ikhtiar/

Prasetyo, B dan Jannah, M. L. 2006. “Metode Penelitian Kuantitatif”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rahmila Sari, Mahlia Muis, dan Nurdjannah Hamid. 2012. “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Makasar”. (Jurnal Analisis Unhas).

Riduwan, 2010. “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian”. Bandung: Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan: dari teori ke praktek. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbin, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Buku I dan 2. Jakarta: Salem-ba Empat

Robbin, Stephen P dan Timothy A. Judge.2015. Perilaku Organisasi, Buku 2. Jakarta: Salemba Em-pat

Samsuddin, Harun. 2018. “Kinerja Karyawan Tinjauan dari Dimensi Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi”. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Sarwono, Jonathan. 2018. “Statistik Untuk Riset Skripsi”. Yogyakarta: Andi.

Sondang P Siagian. 2002. Kepemimpinan Organisasi dan Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Gunung Agung.

Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suradika, Agus. (2000). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: UMJ Press.

Suradika, Agus dan Wicaksono, D. (2019). Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: UM Jakarta Press.

Tintami, L., Pradhanawati, A., & Susanto, H. 2012. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepem-impinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Disiplin Kerja pada Karyawan Harian SKT Megawon II PT. Djarum Kudus”. Diperoleh dari: http://ejournal-S1.undip.ac.id/index.php/.

Wahyusumidjo. 2001. Kepemimpinan dalam Organisasi. Bandung: Penerbit Tarsito.

Wirawan. 2013. Kepemimpinan: Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Ja-karta: PT Raja Grafindo Persada.

Wirawan, 2015. “Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Penelitian”. Jakarta: Salemba Empat.

Wagimo dan Djamaludin Ancok. 2005. “Hubungan Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap Motivasi Kerja Bawahan di Militer”. (Jurnal Psikologi UGM Vol 32)

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-13 — Diperbaharui pada 2021-08-23

Versi

Cara Mengutip

Budiman, F. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP STRES KERJA DAN MOTIVASI KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA: STUDI PADA RSUP “P” JAKARTA. Perspektif, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i1.56 (Original work published 13 Agustus 2021)

Terbitan

Bagian

Artikel berbasis penelitian

Kategori